Perkembangan Website Dan Inovasi Website sistem industri 4.0

Perkembangan Website Dan Inovasi Website sistem indutri 4.0



Pengertian Website
    Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser. Biasanya alamat untuk mengakses Web kita harus memasukan alamat web/URL dan kita tulisan di bagian browser paling atas.

Perkembangan Website
    Website pertama kali di temukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee sejak tahun 1991, website semakin bayak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Teknoligi Websitepun semakin berkembang dari era yang pertama yaitu : era web 1.0, web 2.0, dan web 3.0.

1. Web 1.0
      Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi world wide web, atau ada yang menyebut web 1.0 sebagai www itu sendiri yang banyak digunakan dalam situs web yang bersifat personal.


Beberapa ciri-ciri atau karakteristik web 1.0 yaitu:
1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah. 

2. Web 2.0
     Web 2.0 dicetuskan pertma kali oleh O'Reilly pada tahun 2003 dan dipopulerkan pada tahun 2004. Istilah Web 2.0 didenfinisikan sebagai " Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform tersebut."

Beberapa ciri-ciri atau karakteristik web 2.0 yaitu:
1. Web sebagai platform.
2. Data sebagai pengendali utama.
3. Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipan.
4. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (open source).
5. Model bisnis yang ringan, yang dikembangankan dengan gabungan isi dan layanan.
6. Mudah digunakan dan diadopsi oleh user(pengguna).

3. Web 3.0
     Web 3.0 merupakan generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Time Berners-Lee penemu World Wide Web menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Keunikan Web 3.0 adalah konsep dimana pengguna (user) dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. kita bisa meminta web untuk mencari suatu data yang spesifik tanpa bersusah payah mencari satu persatu, bahkan web 3.0 mampu menyedian informasi yang kita cari tanpa kita minta.

4. Web 4.0
       Industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif. Konsep “Industri 4.0” pertama kali digunakan di publik dalam pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman di tahun 2011. Dari peristiwa ini juga sebetulnya ide “Industri 2.0” dan “Industri 3.0” baru muncul, sebelumnya cuma dikenal dengan nama “Revolusi Teknologi” dan “Revolusi Digital”.

Contoh Peluang industri 4.0 yaitu sebagai berikut :
1. Memberikan informasi real-time tentang arus barang dari titik asal konsumen.
2. Perincian peristiwa: Komposisi fisik, manufaktur, dan nomer seri.
3. Transparansi tentang faktor seperti asal produk
4. Peningkatan visibilitas proses pengiriman dan status ketersediaan.
5. Tautan ke struktur proses bisnis back-end(menggunakan ERP, EMS, CMR, dll.
6. Dst.

SHARE ON:

    Blogger Comment

0 komentar: