Si Jungwok dan Wedi Ombo : Ternyata Kedua Pantai ini Sahabatan


Pantai Jungwok






          Pantai Jungwok itu ada di selatan Jogja,  Katanya sih pantai ini angker, katanyaaa. So percaya gak percaya itu dikembalikan kepada masing-masing orang yang sudah pernah mengunjungi pantai ini. Pantai Jungwok terletak di sisi timur Pantai Wediombo yang (katanya) juga angker. Cara menuju ke Pantai Jungwok cukup mudah. Jika kita sudah menemukan tikungan ke arah Pantai Wediombo dan Jungwok, ikuti saja jalannya dengan motor. Nah, nanti ada persimpangan dua arah, persimpangannya tidak terlalu besar jadi harus hati-hati untuk mengetahui persimpangan ini, kalau lurus akan tembus ke Pantai Wediombo, nah kita belok kiri, di sana ada gubuk kecil untuk tempat parkir, bagi yang suka trekking, parkirlah motor kalian di sana dan bayar seiklasnya. Jika malas untuk jalan kaki menuju pantai, bawa saja motornya menelusuri jalan tersebut dan bisa parkir di pinggir pantai, tapi harus diketahui bahwa jalan tersebut bergelombang, maklum jalan desa. Ikuti saja jalur itu sampai terdengar suara deburan ombak, dan sampailah di pantai Jungwok.



         Pemandangan Pantai Jungwok sangat indah. Pemandangan khas yang dapat dilihat adalah batu besar yang ada di tengah laut. Batu ini biasa disebut dengan watu topi. Watu topi biasa dapat dinaiki dan dapat digunakan untuk memancing oleh penduduk setempat dan beberapa pengunjung.



         Pantai Jungwok memiliki pantai yang indah dan luas. Pantai ini memiliki pasir putih dan perairan yang dangkal. Biota laut yang banyak terdapat di sini antara lain bintang laut, ikan hias, dan berbagai macam algae. Di samping itu, juga terdapat berbagai jenis burung. Di sepanjang pantai ditumbuhi oleh tumbuhan pandan. Pantai Jungwok masih sangat alami dan jauh dari keramaian.

Pantai WediOmbo



         Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 40 Km arah Tenggara kota Wonosari. Koordinat lokasi - GPS: S8°11'4" E110°42'28" (lihat peta dan rute lokasi). Pantai yang masih alami, berbentuk teluk dan landai dengan hamparan pasir putih. Wisatawan dapat menikmati panorama sunset yang sempurna atau melakukan aktivitas memancing. Di sepanjang kawasan Pantai Wediombo pada saat-saat tertentu banyak ikan Panjo.

        Kegiatan adat budaya yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap tahun adalah budaya "Ngalangi" yaitu upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan gawar terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungwok dan dihalau bersama-sama ke laut. Ke arah timur sekitar 1,5 km terdapat Pantai Gremeng, Pantai Jungwok, dan Pulau Kalong.

        Selain menikmati pemandangan alam, Anda bisa mencoba kelezatan sayur lombok ijo, oseng-oseng daun pepaya, aneka ikan laut seperti tongkol bakar atau goreng. Harganya pun terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000,-

Ada juga fasilitas kolamrenang alami yang ada di timur pantai.


  • Fasilitas :

- Tersedia tempat parkir untuk mobil dan motor
- kamar mandi
- warung makan

  • Hal yang menarik :

- Pemandangan dari jalan di atas pantai wedi ombo luar biasa, terlihat jelas warna laut yang kuning-kehijauan.
- Pasir pantai yang putih bersih
- Terdapat banyak pohon yang rindang. Anda bisa duduk di bawahnya sambil menikmati keindahan pantai.

  • Saran :
- Jangan menggunakan sandal jepit, apalagi sepatu dengan hak tinggi. Selain tidak nyaman, juga berbahaya karena jalanan berbatu.
- Bawa selalu tisu basah karena air di kamar mandi terbatas
- Bawa payung dan air mineral karena jarak dari tempat parkir ke pantai relatif jauh.



  •     Harga Tiket

Harga tiket masuk Pantai Wediombo ini sebesar Rp.5.000,- per orang ( Januari 2014 )




          Iya kan mereka deketan... :) :D

SHARE ON:

    Blogger Comment

0 komentar: