Tempat Menarik di Jogja




    YOGYAKARTA (sering juga disebut Jogja, Yogya, atau Jogya) terletak di tengah Pulau Jawa - Indonesia, tempat segalanya masih murah. Cukup dengan 200rb sehari, Anda sudah bisa menginap, menyantap masakan tradisional yang terkenal, dan menyewa motor untuk menjelajahi pantai-pantai yang masih perawan dan candi-candi kuno berusia ribuan tahun.

    Seribu tahun silam, Yogyakarta merupakan pusat kerajaan Mataram Kuno yang makmur dan memiliki peradaban tinggi. Kerajaan inilah yang mendirikan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia, 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja. Peninggalan lainnya adalah Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, dan puluhan candi lainnya yang sudah direstorasi maupun yang masih terpendam di bawah tanah.

   Namun oleh suatu sebab yang misterius, Kerajaan Mataram Kuno memindahkan pusat pemerintahannya ke Jawa Timur pada abad ke-10. Candi-candi megah itu pun terbengkalai dan sebagian tertimbun material letusan Gunung Merapi. Perlahan-lahan, wilayah Yogyakarta pun kembali menjadi hutan yang lebat.

   Enam ratus tahun kemudian, Panembahan Senopati mendirikan Kerajaan Mataram Islam di wilayah ini. Sekali lagi Yogyakarta menjadi saksi sejarah kerajaan besar yang menguasai Pulau Jawa dan sekitarnya. Kerajaan Mataram Islam ini meninggalkan jejak berupa reruntuhan benteng dan makam kerajaan di Kotagede yang kini dikenal sebagai pusat kerajinan perak di Yogyakarta


#Malioboro

Malioboro yaitu nama di antara jalur dari tiga jalur di kota yogyakarta yang membentang dari tugu yogyakarta sampai ke perempatan kantor pos yogyakarta. dengan total terdiri dari jalur pangeran mangkubumi, jalur malioboro serta jalur jend. a. yani. jalur ini adalah poros garis imajiner kraton yogyakarta.

ada sebagian object bersejarah di lokasi tiga jalur ini diantaranya tugu yogyakarta, stasiun tugu, gedung agung, pasar beringharjo, benteng vredeburg serta monumen serangan oemoem 1 maret. Jalur malioboro amat populer dengan beberapa pedagang kaki lima yang menjual kerajinan khas jogja serta warung-warung lesehan pada malam hari yang jual makanan gudeg khas jogja dan populer sebagai area berkumpulnya beberapa seniman-seniman-seniman yang kerap mengekpresikan kekuatan mereka layaknya bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan sebagainya disepanjang jalur ini.

Terdapat beberapa obyek bersejarah di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja, serta berbagai kemenarikan lainnya.


#Candi Prambanan


Candi prambanan atau candi rara jonggrang yaitu kompleks candi hindu terbesar di indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. candi ini dipersembahkan untuk trimurti, tiga dewa utama hindu yakni brahma sebagai dewa pencipta, wishnu sebagai dewa pemelihara, serta siwa sebagai dewa pemusnah. menurut prasasti siwagrha nama asli kompleks candi ini yaitu siwagrha ( bhs sanskerta yang berarti rumah siwa ), serta memanglah di garbagriha ( area utama ) candi ini bersemayam arca siwa mahadewa setinggi tiga mtr. yang menujukkan bahwa di candi ini dewa siwa lebih diprioritaskan. Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.



Candi ini terdapat di desa prambanan, pulau jawa, lebih kurang 20 km. timur yogyakarta, 40 km. barat surakarta serta 120 km. selatan semarang, persis di perbatasan pada provinsi jateng serta tempat istimewa yogyakarta. 1 candi rara jonggrang terdapat di desa prambanan yang wilayahnya dibagi pada kabupaten sleman serta klaten.


Candi ini yaitu terhitung website warisan dunia unesco, candi hindu terbesar di indonesia, sekalian di antara candi terindah di asia tenggara. arsitektur bangunan ini berupa tinggi serta ramping cocok dengan arsitektur hindu biasanya dengan candi siwa sebagai candi utama mempunyai ketinggian meraih 47 mtr. menjulang di dalam kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. 2 sebagai di antara candi termegah di asia tenggara, candi prambanan jadi daya tarik kunjungan wisatawan dari semua dunia. 3

menurut prasasti siwagrha, candi ini mulai dibangun pada lebih kurang th. 850 masehi oleh rakai pikatan, serta terus dikembangkan serta diperluas oleh balitung maha sambu, di periode kerajaan medang mataram.


#Taman Sari



Taman sari yogyakarta atau taman sari keraton yogyakarta yaitu website bekas taman atau kebun istana keraton yogyakarta, yang bisa dibanding dengan kebun raya bogor sebagai kebun istana bogor. kebun ini dibangun pada zaman sultan hamengku buwono i ( hb i ) pada th. 1758-1765/9. awalannya, taman yang memperoleh sebutan the fragrant garden ini mempunyai luas kian lebih 10 hektare dengan lebih kurang 57 bangunan baik berbentuk gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, ataupun danau buatan beserta pulau buatan serta lorong bawah air. kebun yang dipakai dengan efisien pada 1765-1812 ini pada awalnya membentang dari barat daya kompleks kedhaton hingga tenggara kompleks magangan. tetapi sekarang ini, sisa-sisa sisi taman sari yang bisa dipandang hanya yang ada di barat daya kompleks kedhaton saja. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.



Konon, taman sari dibangun di bekas keraton lama, pesanggrahan garjitawati, yang didirikan oleh susuhunan paku buwono ii sebagai area istirahat kereta kuda yang dapat pergi ke imogiri. sebagai pimpinan proyek pembangunan taman sari ditunjuklah tumenggung mangundipuro. semua cost pembangunan ditanggung oleh bupati madiun, tumenggung prawirosentiko, besrta semua rakyatnya. oleh dikarenakan itu tempat madiun dibebaskan dari pungutan pajak. di dalam pembangunan pimpinan proyek di ambil alih oleh pangeran notokusumo, sesudah mangundipuro mengundurkan diri. meskipun dengan resmi sebagai kebun kerajaan, tetapi bebrapa bangunan yang ada mengindikasikan taman sari berperan sebagai benteng pertahanan paling akhir bila istana terserang oleh musuh. konon salah seorang arsitek kebun kerajaan ini yaitu seorang portugis yang lebih dikenal dengan demang tegis.

Kompleks taman sari sekurang-kurangnya bisa dibagi jadi 4 sisi. sisi pertama yaitu danau buatan yang terdapat di sebelah barat. sisi setelah itu yaitu bangunan yang ada di sebelah selatan danau buatan diantaranya pemandian umbul binangun. sisi ketiga yaitu pasarean ledok sari serta kolam garjitawati yang terdapat di selatan sisi ke-2. sisi paling akhir yaitu sisi sebelah timur sisi pertama serta ke-2 serta meluas ke arah timur hingga tenggara kompleks magangan.


#Keraton Yogyakarta


Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. keraton ini adalah di antara contoh arsitektur istana jawa yang paling baik, mempunyai balairung-balairung mewah serta lapangan dan paviliun yang luas.




#Pantai Parangtritis










Pantai Parangtritis adalah tempat wisata yang cukup populer di yogyakarta tak hanya objek pantai yang lain layaknya samas, baron, kukup, krakal serta glagah. parangtritis memiliki keunikan panorama yang tidak ada pada tempat wisata yang lain yakni tak hanya ombak yang besar juga ada gunung-gunung pasir di lebih kurang pantai, yang biasa dimaksud gumuk. tempat wisata ini telah dikelola oleh pihak pemkab bantul dengan cukup baik, dimulai dari sarana penginapan ataupun pasar yang menjual souvenir khas parangtritis.Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Di parangtritis ada juga atv, kereta kuda & kuda yang bisa disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. disamping itu parangtritis juga adalah area untuk olahraga udara/aeromodeling.


#Benteng Vredeburg






Benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh Pemerintah Belanda ini digunakan untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta. Dengan parit yang mengelilinginya, benteng yang berbentuk segi empat ini memiliki menara pengawas di ke-empat sudutnya dan kubu yang memungkinkan tentara Belanda untuk berjalan berkeliling sambil berjaga-jaga dan melepaskan tembakan jika diperlukan.


Pada dasar meriam di kubu bagian selatan, Kraton Yogyakarta dan beberapa bangunan bersejarah lainnya termasuk kepadatan lalulintas di sekitarnya terlihat dengan jelas. Dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda, Museum dengan luas kurang lebih 2100 meter persegi ini mempunyai beberapa koleksi antara lain:

$ Bangunan-bangunan peninggalan Belanda, yang dipugar sesuai bentuk aslinya.

$ Diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan sebelum Proklamasi Kemerdekaan sampai

dengan masa Orde Baru.

$ Koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto, dan lukisan tentang perjuangan nasional dalam merintis,

mencapai, mempertahankan, serta mengisi kemerdekaan Indonesia.



Museum Benteng Yogyakarta, semula bernama "Benteng Rustenburg" yang mempunyai arti "Benteng Peristirahatan" , dibangun oleh Belanda pada tahun 1760 di atas tanah Keraton. Berkat izin Sri Sultan Hamengku Buwono I, sekitar tahun 1765 - 1788 bangunan disempurnakan dan selanjutnya diganti namanya menjadi "Benteng Vredeburg" yang mempunyai arti "Benteng Perdamaian".



Pada tanggal 16 April 1985 dipugar menjadi Museum Perjuangan dan dibuka untuk umum pada tahun 1987. Kemudian pada tanggal 23 November 1992 resmi menjadi "Museum Khusus Perjuangan Nasional" dengan nama "Museum Benteng Yogyakarta". Bangunan bekas Benteng Vredeburg dipugar dan dilestarikan. Dalam pemugaran pada bentuk luar masih tetap dipertahankan, sedang pada bentuk bagian dalamnya dipugar dan disesuaikan dengan fungsinya yang baru sebagai ruang museum.


#ALKID(Alun-Alun Kidul) Yogyakarta






Alun-alun Kidul, atau biasa disingkat Alkid merupakan tanah lapang dibelakang kompleks kraton. Sesuai namanya, Alkid berada di sisi paling selatan kompleks kraton Ngayogyakarta. Alkid masuk dalam kecamatan Keraton, kota Yogyakarta. Seperti alun-alun pada umumnya, Alkid berada di pusat kota. Jaraknya hanya 1 km dari kilometer nol Yogyakarta. Dari Malioboro dengan andong atau becak, Alkid dapat dicapai dalam lima belas menit saja. Dengan menggunakan bus umum, Alkid dapat diakses melalui jalur 5 dan turun di Plengkung Gading.


Bukan hanya kegiatan resmi kerajaan, kegiatan masyarakat sehari-hari dapat dilakukan di Alkid. Keterbukaan Alkid ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Pada hari libur di Alkid banyak dijumpai masyarakat sekitar yang berolahraga, berdagang, dan bertamasya.


Disimbolkan dengan gajah yang memiliki watak tenang, Alkid merupakan penyeimbang Alun-Alun Utara yang cenderung ribut. Karenanya, Alkid dianggap tempat palereman (istirahat) para Dewa. Kini Alkid sudah menjadi tempat ngleremke ati (menenangkan hati) bagi banyak orang. Dulu Alkid digunakan sebagai tempat untuk latihan ketangkasan prajurit kraton. Seperti ketangkasan berkuda (setonan), lomba memanah sambil bersila (manahan), dan adu harimau (rampok harimau). Sejarah Alkid tak pernah lepas dari beringin kembar yang tumbuh di tengah alun-alun. Dulu para prajurit sering mengadakan latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua beringin. Tradisi yang kini disebut masangin ini kemudian banyak ditiru orang-orang dan membuat Alkid semakin populer. Dalam upacara kerajaan, tradisi masangin ini dilakukan setelah topo bisu yang diadakan setiap malam 1 Suro. Ritual ini dilakukan demi ngalap berkah dan memohon keselamatan Kraton. Berkembang mitos dalam masyarakat lokal bahwa siapa yang dapat melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup maka orang tersebut akan tercapai cita-cita nya. Hasilnya, banyak orang penasaran dan datang ke Alkid untuk menjajal masangin untuk membuktikan mitos tersebut.


Setiap Minggu Alkid tak pernah sepi dari pengunjung yang kebanyakan keluarga. Ini karena di Alkid tersedia berbagai wahana bermain anak, seperti odong-odong, kereta kambing, mobil remote, andong, becak kecil, mandi bola, dan kereta putar. Ongkos satu jenis permainan sekitar Rp 3000,- sampai Rp 6000,-. Pada hari-hari lain Alkid juga tak kalah sepi dengan hari Minggu. Keramaian biasanya dimulai sejak pukul 17.00 WIB. Para penjaja wedang ronde, wedang bajigur, roti dan jagung bakar, dan tempura mulai menyiapkan lapak-lapaknya. Yang tampil paling heboh adalah jasa sewa sepeda tandem dan mobil kayuh. Sepeda tandem dan mobil kayuh yang siap disewakan itu dipasangi lampu warna-warni sehingga terlihat cantik di malam hari. Para penjaja sewa mobil kayuh juga memamerkan kreativitasnya dengan membentuk mobil kayuhnya seperti burung, ikan, sampai tokoh kartun terkenal. Bahkan ada salah satu calon walikota yang berkampanye dengan merangkai namanya di mobil kayuh.


Saat mulai gelap, berbagai jajanan dan makanan sudah bisa dipesan. Suasana semakin ramai dan meriah. Ada yang memilih nongkrong di pinggir alun-alun sambil menikmati jajanan, ada pula yang mengitari alun-alun dengan sepeda tandem atau mobil kayuh, sedang yang di tengah alun-alun bermain masangin atau kitiran. Di waktu-waktu tertentu, anda dapat melihat pagelaran wayang di Sasono Hinggil Dwi Abad. Namun, untuk melihatnya anda perlu persiapan karena umumnya wayang digelar semalam suntuk. Anda juga dapat melihat persiapan para prajurit kraton untuk merayakan Grebeg (perayaan memperingati Maulud Nabi). Di alun-alun inilah semua prajurit berkumpul untuk melaksanakan gladi resik sehari sebelum perayaan dan berangkat ke alun-alun utara pada hari perayaan.

Untuk masuk ke Alkid, tak dikenai biaya sepeser pun. Namun jika anda membawa kendaraan pribadi, anda akan dikenai biaya parkir. Biaya sewa kain hitam penutup mata Rp 3000,-, Sewa sepeda tandem Rp 10.000,- untuk tiga sampai empat putaran, sedang mobil kayuh Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,- untuk dua sampai tiga putaran. Jika rasa lapar anda tak bisa dihilangkan dengan jajanan di sekitar Alkid, anda bisa langsung ke sentra gudeg Wijilan yang berada di selatan Alkid.


#Air Terjun Parangtritis


Air Terjun Parangtritis terletak sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh kira-kira dalam waktu 50 menit perjalanan. Anda dapat mengendarai sepeda motor atau mobil untuk dapat menikmati air terjun ini. Air terjun ini berada di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Anda dapat melewati jalur utama dari kota Yogyakarta dengan mengambil jalan lurus hingga sampai ke Jalan Parangtritis. Dari sini, anda hanya tinggal mengikuti plang penunjuk arah yang banyak tersedia di pinggir jalan hingga sampai ke Pantai Parangtritis. Setelah sampai di tempat parkir, anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah timur. Dan karena jaraknya lumayan jauh, maka memang diperlukan sedikit perjuangan untuk menjangkau Air Terjun Parangtritis. Anda juga tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada penduduk setempat tentang lokasi Air Terjun Parangtritis atau Air Terjun Parangndok. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp2.000 dan Rp3.000 untuk mobil. Cukup murah bukan?

Nah, untuk mempermudah akses anda dari tempat parkir ke air terjun, anda dapat memilih tempat parkir yang berada di sisi paling timur sehingga anda tidak perlu berjalan terlalu jauh. Tetapi, jika anda ingin menikmati Air Terjun Parangtritis beserta pantainya, anda dapat merogoh kocek sebesar Rp40.000 untuk menyewa kereta kuda dan mereka pun akan mengantarkan anda bolak-balik.

Menikmati Guyuran Air Terjun Parangtritis

Menikmati pesona air terjun memang tidak akan ada habisnya. Memandangnya saja sudah dapat menyejukan hati dan merilekskan pikiran yang telah penuh dengan berbagai macam rasa letih karena tuntutan pekerjaan. Air Terjun Parangtritis dengan tinggi sekitar 15 meter dapat mengalirkan airnya yang deras diatas bebatuan dan juga pohon-pohon hijau yang tumbuh subur disekitarnya.

Air terjun ini mempunyai tingkatan atau ‘undak-undak’ yang menantang anda untuk menaklukannya karena bila anda berani, anda dapat memanjatnya satu persatu. Bukit karang sebagai sumber air ini pun membuat Air Terjun Parangtritis semakin terlihat berbeda karena batuan karang dan juga pasir di bibir pantai telah menunggu untuk mendapat guyuran dan siraman air jernihnya. Bukan hanya itu, dengan debit airnya yang besar dari bukit yang dinamai Bukit Karangndok disaat musim hujan, maka suara air terjun ini pun ikut bersaing gaungnya dengan ombak Pantai Selatan.

Nah, ada satu cerita yang masih dipercaya oleh penduduk lokal bahwa siapaun yang membasuh wajah dengan menggunakan air yang mengalir dari Air Terjun Parangtritis, maka ia akan tetap awet muda. Percaya tidak percaya, anda dapat membasuh dengan air disana untuk menyegarkan wajah karena telah berkeliling seharian di cuaca panas. Dan karena air yang mengalir dari air terjun sangat segar dan dingin, maka ini dapat langsung membuat rasa letih anda menghilang seketika.

Untuk masalah fasilitas, ada banyak hal yang dapat anda nikmati disini, seperti kamar mandi untuk membersihkan diri setelah bermain-main dengan air dan pasir, kereta kuda yang akan mengantar anda berkeliling, mushola, toilet umum dan juga banyaknya warung yang berjejer sambil menjajakan dagangan mereka. Nah, bila anda lelah berkeliling di Pantai Parangtritis dan Air Terjun Parangtritis, anda pun dapat berteduh diwarung-warung atau tenda penjual sambil menikmati jagung bakar, atau wedhang ronde, atau es kelapa muda serta makanan ringan lain yang banyak dijual disana. Jadi, anda tidak perlu takut kelaparan saat mengunjungi Air Terjun Parangtritis.

Bukan hanya itu, anda juga dapat berpartisipasi untuk ikut serta menjaga kebersihan lokasi air terjun dengan tidak meninggalkan sampah dari makanan atau minuman yang anda nikmati disana. Dengan demikian, kita dapat menikmati keindahan air terjun dan juga pemandangan disekitarnya dengan lebih nyaman tanpa sampah yang berserakan. Selamat berlibur.

Kebanyakan para wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis tidak menyadari kalau sebenarnya disekitar pantai ini berdiri dengan kokoh sebuah air terjun yang dapat dinikmati keindahan dan kesegaran airnya. Dan yang lebih menarik lagi adalah bahwa air terjun ini berada di bibir pantai dan airnya langsung menuju ke laut. Jadi, hal ini akan semakin mempercantik pemandangan disekitarnya karena pengunjung dapat menikmati dua pemandangan yang menakjubkan sekaligus, Pantai Parangtritis dan juga Air Terjun Parangtritis.

Seperti halnya air terjun yang lain, Air Terjun Parangtritis juga dikeliling oleh tebing-tebing dan batuan berwarna putih yang tergerus oleh aliran air terjun dan menghantam keras diatasnya. Namun, air terjun ini sangat bergantung pada musim sehingga jika anda datang ke sana saat musim kemarau, maka anda harus bersiap-siap kecewa karena air terjunnya akan kering dan tidak mengalirkan air. Jadi, saat yang paling tepat untuk menikmati Air Terjun Parangtritis adalah ketika sumber airnya masih mengalirkan air sehingga anda pun dapat menyaksikan pesona air terjun ini.

Karena air terjun ini berdekatan dengan Pantai Parangtritis, maka para pengunjung pun menamainya dengan Air Terjun Parangtritis. Hanya saja, penduduk lokal mempunyai nama tersendiri dengan sebutan Air Terjun Parangndok. Tetapi, nama Air Terjun Parangtritis lebih populer bila dibandingkan dengan Air Terjun Parangndok sehingga ulasan ini pun tetap menamai air terjun ini sebagai Air Terjun Parangtritis. Berhubung lokasinya berada di bagian timur ujung Pantai Parangtritis, maka keberadaan air terjun yang sangat eksotik ini pun sering dilupakan dan dilewatkan oleh para pengunjung pantai.

SHARE ON:

    Blogger Comment

0 komentar: