Windows 8.1

  

    Windows 8.1
merupakan versi pembaruan dari Windows 8 dan Windows RT. Pertama kali diperkenalkan dan dirilis sebagai beta publik pada Juni 2013, Windows 8.1 dirilis untuk manufaktur pada tanggal 27 Agustus 2013, dan dirilis untuk ketersediaan umum pada tanggal 17 Oktober 2013.

   Dirilis sebagai bagian dari pergeseran oleh Microsoft terhadap reguler, pembaruan tahunan untuk platform dan layanan, Windows 8.1 ini terutama ditujukan untuk mengatasi keluhan yang dihadapi oleh pengguna Windows 8 dan pengulas di peluncuran. Terlihat perangkat tambahan termasuk layar mulai yang diupgrade, pandangan sekejap tambahan, aplikasi dibundel tambahan, terintegrasi dengan SkyDrive, sistem pencarian terpadu yang didukung oleh Bing, restorasi tombol Mulai terlihat pada bilah tugas dan kemampuan untuk memulai di desktop pada saat sistem dijalankan. Windows 8.1 juga menambahkan dukungan untuk teknologi yang sedang berkembang seperti pencetakan 3D, Wi-Fi Direct, dan meningkatkan dukungan untuk penanganan menampilkan resolusi tinggi.

    Windows 8.1 menerima penerimaan yang relatif positif, dengan kritikus memuji fungsionalitas diperluas tersedia untuk aplikasi dibandingkan dengan Windows 8, integrasi dengan SkyDrive, bersama dengan tweak antarmuka pengguna dan penambahan tutorial diperluas untuk mengoperasikan antarmuka Windows 8. Namun, Windows 8.1 masih dikritik karena masih rumit untuk digunakan pada desktop atau laptop komputer tradisional daripada perangkat berbasis layar sentuh, dan untuk tidak memperbaiki semua kesalahan yang awalnya dialami oleh Windows 8.

    Pada Januari 2014, tampilan layar yang bocor dari pembaruan untuk Windows 8.1 yang membuat beberapa perubahan pada antarmuka Windows 8 untuk meningkatkan integrasi antara aplikasi dan desktop, dan meningkatkan kegunaan untuk pengguna non-touchscreen. Ia menambahkan terlihat Power dan tombol Cari ke layar Start, menu konteks tradisional ketika mengklik kanan pada Start item layar yang bertentangan dengan toolbar di bagian bawah layar, kemampuan untuk menampilkan aplikasi di taskbar bersama perangkat lunak desktop, dan menambahkan auto-bersembunyi aplikasi bilah judul dengan tombol tradisional Minimalkan dan Tutup.

    Layar Mulai menerima beberapa perangkat tambahan pada Windows 8.1, termasuk diperpanjang "All Apps" melihat dengan mode urutan (yang sekarang diakses dengan mengklik tombol panah bawah baru atau menggesekkan ke atas), kecil dan ekstra besar ukuran untuk ubin, dan ubin berwarna untuk pintas desktop program. Pilihan kustomisasi tambahan juga ditambahkan, seperti opsi warna diperluas, latar belakang baru (beberapa di antaranya memasukkan unsur animasi), dan kemampuan layar Mulai untuk menggunakan latar belakang desktop sebagai gantinya. Aplikasi tidak lagi ditambahkan ke layar Mulai secara otomatis ketika diinstal, dan semua aplikasi desktop disematkan ke layar Mulai sekarang memiliki ubin yang berwarna. Aplikasi sistem gertakan juga telah diperluas, hingga 4 aplikasi dapat dihentakkan pada layar tunggal tergantung pada ukuran layar, aplikasi sekarang dapat bentak untuk mengisi setengah layar, dan juga dapat digunakan pada setiap layar dalam konfigurasi multi-monitor. Aplikasi juga dapat meluncurkan aplikasi lain dalam tampilan bentak untuk menampilkan konten, misalnya, app Mail dapat membuka lampiran foto di penampil gambar bentak setengah lain dari layar. Peningkatan dukungan juga diberikan oleh aplikasi untuk menggunakan perangkat dalam orientasi potret (vertikal). Layar kunci sekarang menawarkan kemampuan untuk menggunakan slide foto sebagai latar belakang nya, dan jalan pintas ke aplikasi Camera dengan menggesekkan ke atas. Papan tombol dalam layar memiliki mekanisme autocomplete perbaikan yang sekarang menampilkan beberapa saran kata, dan memungkinkan pengguna untuk memilih dari mereka dengan meluncur di spasi. Kamus autocomplete ini juga secara otomatis diperbarui menggunakan data dari Bing, yang memungkinkan untuk mengenali dan menyarankan kata-kata yang berkaitan dengan tren saat ini dan peristiwa.


   
  
 Bilah tugas desktop di Windows 8.1 dengan tombol Start kembali ke sisi paling kiri Untuk meningkatkan kegunaan dari antarmuka desktop, tombol Mulai terlihat dikembalikan ke bilah tugas untuk membuka layar Start, dan menu Quick Links (diakses oleh tombol Mulai dengan mengklik kanan) sekarang berisi pilihan untuk mematikan komputer dan keluar dari akun. Pengaturan "Navigasi" baru dapat digunakan untuk memodifikasi perilaku antarmuka tertentu, seperti menonaktifkan sudut panas atas untuk menggunakan pesona dan daftar aplikasi terkini, pergi ke desktop bukannya layar Mulai pada saat masuk atau setelah menutup semua aplikasi pada layar, secara otomatis membuka tampilan "All Apps" pada layar Mulai saat dibuka, dan memprioritaskan program desktop pada mode urutan "Kategori" di "All Apps". Untuk membantu pengguna dalam mempelajari antarmuka pengguna Windows 8, tutorial interaktif juga ditawarkan, bersama dengan aplikasi Bantuan + Tips baru untuk informasi tambahan. Sebaliknya, Windows RT 8.1 meremehkan antarmuka desktop yang lebih jauh dengan tidak menampilkan ubin Desktop pada layar Mulai sama sekali secara default (namun masih dapat secara manual disematkan ke layar Mulai oleh pengguna).

    Tak lama setelah rilis, Windows RT 8.1 pembaruan untuk sementara ditarik oleh Microsoft menyusul laporan bahwa beberapa pengguna telah mengalami bug langka yang merusak perangkat mereka dan Data Konfigurasi Boot selama instalasi, sehingga kesalahan pada saat sistem dijalankan. Pada tanggal 21 Oktober 2013, Microsoft mengkonfirmasi bahwa bug tersebut terbatas pada tablet Microsoft Surface RT, dan hanya mempengaruhi 1 dalam 1000 instalasi. Perusahaan ini merilis media pemulihan dan instruksi yang dapat digunakan untuk memperbaiki perangkat, dan memulihkan akses ke Windows RT 8.1 pada hari berikutnya. Tak lama setelah rilis, pengguna juga melaporkan bahwa perubahan layar DPI penanganan diperkenalkan oleh Windows 8.1 disebabkan masukan lag tetikus dalam permainan video tertentu yang tidak menggunakan DirectInput API—terutama pada permainan dengan genre tembak-menembak orang-pertama seperti spesifik judul Call of Duty, Deus Ex: Human Revolution, Hitman: Absolution, dan Metro 2033. Pengguna juga menemukan masalah menjadi lebih jelas pada mesin menggunakan tetikus dengan resolusi tinggi atau tingkat pemungutan suara. Microsoft merilis patch untuk memperbaiki bug pada game tertentu di November 2013, dan mengakui bahwa hal itu disebabkan oleh "perubahan pengolahan tikus-masukan untuk skenario interaksi latensi rendah".


SHARE ON:

    Blogger Comment

0 komentar: