Pengertian HTML

   HTML adalah sebuah bahasa markup, kebanyakan orang menyebut HTML adalah bahasa pemrograman padahal bukan. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman  standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser) . HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.
Supaya  dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi Pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak dipakai di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut  Standard Generalized Markup Language (SGML ).
Sekarang ini HTML merupakan standar Internet yang dikendalikan dan didefinisikan pemakaiannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).  Pada tahun 1989, HTML dibuat oleh kolaborasi Berners-lee Robert dengan Caillau TIM  pada saat mereka bekerja di CERN (CERN merupakan lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa), hingga sekarang sedang bumingnya HTML5, yang akan aku bahas pada postingan kedepan.
   
  HTML tidak pernah dimaksudkan untuk berisi tag untuk memformat dokumen.
HTML itu dimaksudkan untuk menentukan isi dari sebuah dokumen, seperti:
<h1> Ini adalah heading </ h1>
<p> Ini adalah sebuah paragraf. </ p>
Ketika tag seperti <font>, dan atribut warna ditambahkan dengan spesifikasi HTML 3.2 , mulai mimpi buruk bagi pengembang web. Pengembangan situs web yang besar , dimana informasi font dan warna yang ditambahkan ke setiap halaman menjadi proses yang panjang dan mahal.
  

   Dalam penamaan sebuah dokumen yang akan ditampilkan pada web browser maka nama harus diakhiri dengan ekstensi (.html) atau (.htm). Ekstensi dokumen HTML awalnya 3 karakter, adalah untuk mengakomodasi sistem penamaan dalam DOS. Di dalam HTML sendiri anda juga harus mengenal yang namanya CSS,PHP,MYSQL,dan masih banyak lagi, yang akan saya postingkan di lain kesempatan. Semoga ini bisa bermanfaat untuk anda..

SHARE ON:

    Blogger Comment

0 komentar: